PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPS KELAS V GUGUS I GIANYAR

Ari, Anak Agung Istri Putri (2023) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPS KELAS V GUGUS I GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041059-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041059-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041059-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam muatan IPS sehingga siswa merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku digital dengan materi keberagaman budaya terhadap komptensi pengetahuan IPS kelas V. Uji rancang produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran, uji coba yang terdiri dari uji kepraktisan dan uji efektivitas. Analisis data yang digunakan berupa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tingkat validitas berdasarkan hasil uji oleh ahli media dan ahli materi sebesar 93,75%. Persentase rata-rata hasil uji kepraktisan sebesar 94,21% dengan kategori sangat praktis. Hasil hitung uji efektivitas yang telah dilakukan, diperoleh thitung sebesar 6,493 > 2,030 yang merupakan nilai ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Buku Digital berbasis Kontekstual pada hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri 5 Gianyar. Sehingga penggunaan Buku Digital berbasis Kontekstual pada hasil belajar IPS kelas V materi keragaman budaya dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran buku digital, kontekstual, keragaman budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Anak Agung Istri Putri Ari
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:10
Last Modified: 18 Jul 2023 01:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item