Lestari, I Gusti Ayu Sinta Ardi (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS XD SMAN 2 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011011-COVER.pdf Download (924kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011011 - ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (637kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X D SMAN 2 Negara, (2) mendeskripsikan faktor penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X D SMAN 2 Negara, dan (3) mendeskripsikan hasil menulis teks negosiasi siswa kelas X D SMAN 2 Negara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, Ibu Putu Ayu Paramitha Wijaya dan siswa kelas X D SMA Negeri 2 Negara, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe creative problem solving dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru dalam menulis teks negosiasi meliputi pendahuluan, inti ( tahap klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, evaluasi dan seleksi dan tahap implementasi) dan penutup, (2) faktor penghambat yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CPS pada pembelajaran menulis teks negosiasi menurut persepsi guru adalah motivasi siswa yang belum maksimal dalam pembelajaran, adanya perubahan kurikulum, heterogenitas siswa didalam kelas, terbatasnya fasilitas sekolah dan manajemen waktu yang belum maksimal. (3) rata-rata nilai menulis teks negosiasi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe creative problem solving adalah 97,14 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe CPS, teks negosiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Sinta Ardi Lestari |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16310 |
Actions (login required)
View Item |