PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV SD GUGUS BISMA KECAMATAN BANJARANGKAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Oktaviani, Ni Luh Made Mita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV SD GUGUS BISMA KECAMATAN BANJARANGKAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031248-COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031248-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031248-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031248-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031248-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031248-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031248-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031248-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031248-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap profil pelajar Pancasila siswa kelas IV SD Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah 149 siswa kelas IV SD Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 3 Banjarangkan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjarangkan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes uraian. Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor posttest pada angket kelompok eksperimen 67,44 yang berada pada kategori sangat tinggi, dan rata-rata skor posttest pada angket kelompok kontrol 46,04 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata posttest pada tes uraian kelompok eksperimen 76,2 yang berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan rata-rata skor posttest pada tes uraian kelompok kontrol 52,31 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-t pada angket diperoleh thitung = 18,311 dan pada tes uraian diperoleh thitung = 8,686 dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 49 adalah 2,009. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung angket dan tes lebih besar daripada ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap profil pelajar Pancasila siswa kelas IV SD Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Made Mita Oktaviani
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:40
Last Modified: 20 Jul 2023 03:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16312

Actions (login required)

View Item View Item