Sumarniasih, I Gusti Ayu Sri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MINAT BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129041040-COVER)
2129041040-Cover.pdf Download (749kB) |
|
Text (2129041040-ABSTRAK)
2129041040-Abstrak.pdf Download (350kB) |
|
Text (2129041040-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041040-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (386kB) |
|
Text (2129041040-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041040-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (2129041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041040-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (2129041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041040-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (2129041040-BAB 5 PENUTUP)
2129041040-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (2129041040-DAFTAR PUSTAKA)
2129041040-Daftar Pustaka.pdf Download (485kB) |
|
Text (2129041040-LAMPIRAN)
2129041040-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Gugus V Sukawati dengan jumlah populasi 196 siswa kelas V. Dengan menggunakan cluster random sampling, 140 siswa terpilih sebagai sampel penelitian. Setelah sampel dipilih maka diberikan perlakuan selama 6 kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data, ada 3 instrumen utama yang digunakan, yaitu : rencana pelaksanaan pembelajaran, tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kuesioner minat belajar. Data yang diperloleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan multivariate analysis of variance. Hasil analisis menunjukan : 1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (F= 60,351 dimana 0,001<0,05), 2) terdapat perbedaan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (F= 78,344 dimana 0,001<0,05) dan 3) secara simultan, terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (F= 69,372 dimana 0,001<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat siswa baik secara simultan dan parsial. Ini berimplikasi pada didorongnya penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Sri Sumarniasih |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 09:08 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 09:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16316 |
Actions (login required)
View Item |