PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MINAT BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

Sumarniasih, I Gusti Ayu Sri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MINAT BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129041040-COVER)
2129041040-Cover.pdf

Download (749kB)
[img] Text (2129041040-ABSTRAK)
2129041040-Abstrak.pdf

Download (350kB)
[img] Text (2129041040-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041040-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (386kB)
[img] Text (2129041040-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041040-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (2129041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041040-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (2129041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041040-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (2129041040-BAB 5 PENUTUP)
2129041040-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (2129041040-DAFTAR PUSTAKA)
2129041040-Daftar Pustaka.pdf

Download (485kB)
[img] Text (2129041040-LAMPIRAN)
2129041040-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Gugus V Sukawati dengan jumlah populasi 196 siswa kelas V. Dengan menggunakan cluster random sampling, 140 siswa terpilih sebagai sampel penelitian. Setelah sampel dipilih maka diberikan perlakuan selama 6 kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data, ada 3 instrumen utama yang digunakan, yaitu : rencana pelaksanaan pembelajaran, tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kuesioner minat belajar. Data yang diperloleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan multivariate analysis of variance. Hasil analisis menunjukan : 1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (F= 60,351 dimana 0,001<0,05), 2) terdapat perbedaan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (F= 78,344 dimana 0,001<0,05) dan 3) secara simultan, terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (F= 69,372 dimana 0,001<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat siswa baik secara simultan dan parsial. Ini berimplikasi pada didorongnya penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan minat siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gusti Ayu Sri Sumarniasih
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:08
Last Modified: 18 Jul 2023 09:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item View Item