PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 2 BANGLI

Widnyani, Ni Luh (2023) PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 2 BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011010-COVER.pdf

Download (503kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011010-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011010-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Bangli. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Data skor yang diperoleh dari tes uraian akan di uji menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Hasil pengujian menujukkan bahwa thitung >ttabel dengan perolehan hasil yaitu thitung = 3206 dan ttabel = 2.017. Hal ini menujukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan strategi metakognitif lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Metakognitif, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Luh Widnyani
Date Deposited: 18 Jul 2023 16:24
Last Modified: 18 Jul 2023 16:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item View Item