PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 6 DENPASAR

Putri, Ni Made Devi Andriani (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 6 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129091004-COVER)
2129091004-Cover.pdf

Download (722kB)
[img] Text (2129091004-ABSTRAK)
2129091004-Abstrak.pdf

Download (341kB)
[img] Text (2129091004-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129091004-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (254kB)
[img] Text (2129091004-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129091004-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (2129091004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129091004-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (2129091004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129091004-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (2129091004-BAB 5 PENUTUP)
2129091004-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (2129091004-DAFTAR PUSTAKA)
2129091004-Daftar Pustaka.pdf

Download (454kB)
[img] Text (2129091004-LAMPIRAN)
2129091004-Lampiran.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian pendidikan IPS ini difokuskan pada subject matter Geografi sebagai bagian dari IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik e-LKPD berpendekatan saintifik pada mata pelajaran Geografi kelas XI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian pengembangan ini berjumlah 105 orang yang terdiri dari 2 ahli (materi, media dan desain pembelajaran), 2 praktisi (guru geografi kelas XI) dan 101 siswa. Data dari ahli digunakan untuk menguji validas e-LKPD, data guru untuk menguji kepraktisan e-LKPD dan data dari siswa digunakan menguji validasi tes dan uji efektivitas. Instrumen penelitian mencakup lembar penilaian media, desain pembelajaran, media, kuesioner kepraktisan untuk guru dan tes hasil belajar Geografi. Data yang diperoleh dianalis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) e-LKPD yang dikembangkan sudah sesuai dengan langkah-langkah pengembangan ADDIE, 2) e-LKPD yang dikembangkan terkategori sangat valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,98, 3)e-LKPD yang dikembangkan terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 4 dan 4) e-LKPD yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Geografi siswa dengan nilai probabilitas 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik, Pendekatan Saintifik, Geografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ni Made Devi Andriani Putri
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:06
Last Modified: 18 Jul 2023 09:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16318

Actions (login required)

View Item View Item