ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I DI SD GUGUS V KECAMATAN SERIRIT TAHUN AJARAN 2022/2023

Aryawan, Kadek Agung Sugi (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I DI SD GUGUS V KECAMATAN SERIRIT TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031156-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031156-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031156-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031156-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031156-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca yang dialami oleh siswa kelas I masih rendah. Guru-guru di sekolah sudah memberikan bimbingan secara maksimal di sekolah, tetapi siswa tidak hanya belajar di sekolah saja, melainkan siswa juga dapat belajar di rumah bersama orang tua. Siswa memiliki waktu yang lebih banyak belajar di rumah dengan bimbingan orang tua daripada waktu siswa saat belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan membaca siswa kelas I dan upaya mengatasi kesulitan membaca di SD Gugus V, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 7 subjek siswa. Pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 2 teknik yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskripsi kuantitatif. Hasil analisis data penelitian ini ditemukan bahwa persentase skor pada faktor penyebab kesulitan membaca pada kedua aspeknya dideskripsikan sebagai berikut: 1) faktor internal dengan persentase skor 69%, dan 2) faktor eksternal dengan persentase skor 72%. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan membaca yakni dengan cara memberikan peningkatan motivasi belajar membaca kepada siswa secara berkelanjutan dan memberikan latihan soal yang lebih banyak kepada siswa yang kesulitan membaca. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab kesulitan membaca siswa adalah faktor eksternal yang meliputi orang tua kurang memberikan perhatian kepada anak-anaknya saat belajar, kurangnya komunikasi dan interaksi antara orang tua dan siswa, kurangnya bimbingan belajar yang diberikan orang tua saat di rumah, kurangnya pemenuhan fasilitas belajar di rumah oleh orang tua, kondisi lingkungan sekitar yang tidak kondusif seperti bermain dengan teman tanpa mengenal waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesulitan Membaca, Upaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Agung Sugi Aryawan
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:44
Last Modified: 20 Jul 2023 03:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16338

Actions (login required)

View Item View Item