Pradnyanata, Gusti Ayu Putu Elrian (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TRI HITA KARANA BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN MENDOYO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031022-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031022-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031022-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tri Hita Karana Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Mendoyo yang terdiri dari 223 siswa. Metode pengambilan sampelnya adalah Cluster Random Sampling dengan metode undian. Berdasarkan hasil pengundian, didapatkan hasil bahwa siswa kelas Va SDN 1 Pohsanten yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen. Sementara itu siswa kelas V SDN 3 Mendoyo Dauh Tukad yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 25 soal, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan Uji-t. Berdasarkan analisis menggunakan uji t diperoleh hasil yaitu thitung = 4,005. Harga trsebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 21 + 16 – 2 = 35 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 2,042. Karena thitung > ttabel (4,005 > 2,042) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tri Hita Karana berbantuan media video dan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tri Hita Karana berbantuan media video pada siswa SD kelas V di Gugus I Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Tri Hita Karana, Media Video, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Elrian Pradnyanata |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 00:44 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16371 |
Actions (login required)
View Item |