Nelly Tri Astari, Ni Komang (2023) NINCAPANG KAWAGEDAN PARIBASA BALI ANTUK MODEL PEPLAJAHAN KOOPERATIF TIPE (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SISIA KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 1 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912051017-COVER.pdf Download (265kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912051017-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912051017-LAMPIRAN.pdf Download (889kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura. Objek dari penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuisioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskritif kualitatif dan deskritif kuantitatif. Pada penelitian ini hasil yang di peroleh adalah, 1) bentuk pembelajaran di dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura, 2) peningkatan pembelajaran menggunakn model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran paribasa Bali kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura, 3) pendapat siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran paribasa Bali dikelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura. Pada pelaksaan siklus I rata-rata yang diperoleh adalah 73,02 kemudaian pada siklus II memperoleh rata-rata 82,94. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali dikelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, Kooperatif, Paribasa Bali |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Nelly Tri Astari |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:49 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16409 |
Actions (login required)
View Item |