Wafiah, Daniar Istianatul (2023) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Tata Cara Thaharah Pada Mata Pelajaran Fiqih Berbasis Discovery Learning Siswa Kelas VII MTs Abul ‘Abbas Nw. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051054-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051054-ABSTRAK.pdf Download (584kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
191551054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (478kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1915051054-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051054-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Proses pembelajaran saat ini, guru masih menggunakan media berupa buku lks dan video pembelajaran dari youtube, sehingga membuat peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis respon guru dan peserta didik serta mendeskripsikan hasil efektivitas konten pembelajaran interaktif tata cara thaharah pada mata pelajaran fiqih berbasis discovery learning siswa kelas VII mts abul’ abas NW. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D), dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII MTs Abul ‘Abbas NW yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan angket ahli isi mata pelajaran, angket ahli desain dan media pembelajaran, angket uji perorangan, angket uji kelompok kecil, angket uji lapangan, angket respon guru dan peserta didik, serta pretest dan posttest untuk uji efektivitas. Konten pembelajaran interaktif tata cara thaharah pada mata pelajaran fiqih berbasis discovery learning dinyatakan sangat valid, efektif, sangat praktis dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengujian dari ahli isi materi, desain dan media pembelajaran memperoleh nilai sebesar 1,00 termasuk dalam tingkat validitas “Sangat Tinggi”. Hasil perhitungan uji respon peserta didik memperoleh rata-rata 63,4 termasuk kategori “Sangat Praktis” dan respon guru memperoleh nilai rata-rata 47 “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest kepada peserta didik memperoleh nilai N-Gain sebesar 0.70 masuk ke dalam interpretasi tinggi termasuk dalam katagori “Efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Thaharah, Fiqih |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Daniar Istianatul Wafiah |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 20:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 20:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16482 |
Actions (login required)
View Item |