PENGARUH PROBLEM BASED BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA SISWA KELAS XI MIPA

Mahendrayanti, Dewa Ayu (2023) PENGARUH PROBLEM BASED BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA SISWA KELAS XI MIPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021005-COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021005-ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1913021005-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1913021005-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1913021005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1913021005-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021005-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara siswa yang belajar menggunakan model problem based blended learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 7 kelas dengan 240 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Blahbatuh tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 2 kelas (57 siswa) yang dipilih menggunakan random selection technique berbasis kelompok, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa dengan melaksanakan tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda diperluas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi secara signifikan antara siswa yang belajar dengan model problem based blended learning dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (F* =74,073; α < 0,05). Diperoleh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar dengan model problem based blended learning (M = 69,8 dengan SD = 11,8, kategori cukup baik) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (M = 63,2 dengan SD = 16,8, kategori cukup baik). Oleh karena itu, implikasi untuk mencapai berpikir tingkat tinggi siswa dalam proses pembelajaran fisika di SMA, sebaiknya difasilitasi dengan menerapkan model problem based blended learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Blended Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Mahendrayanti
Date Deposited: 23 Jul 2023 17:08
Last Modified: 23 Jul 2023 17:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item