Wiwik Krismayani, Ni Putu (2023) The Analysis of English Teaching Module in Merdeka Curriculum at SMA Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text
1912021068-COVER.pdf Download (264kB) |
|
Text
1912021068-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text
1912021068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text
1912021068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text
1912021068-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
1912021068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) | Request a copy |
|
Text
1912021068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text
1912021068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
1912021068-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang dikembangkan oleh guru. Penelitian ini didukung oleh beberapa penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan Modul Ajar, dan penelitian ini berfokus pada kelengkapan dari Modul Ajar yang dikembangkan oleh guru sesuai dengan Ketentuan Modul Ajar menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2022. Penelitian ini melibatkan dua guru dari SMA Negeri 3 Singaraja yang mengajar dikelas X dan XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data yakni Document Analysis yang dibantu dengan intrument berupa checklist dan Interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa Modul Ajar yang dikembangkan oleh Guru 2 lebih lengkap dibandingkan dengan Modul Ajar yang dikembangkan oleh Guru 1 dalam tiga komponen yang harus ada dalam sebuah Modul Ajar. Berdasarkan penelitian Guru 1 memiliki kekuarangan pada beberapa bagian pada ketiga komponen yang ada, sedangkan pada Modul Ajar yang dikembangkan oleh Guru 2 hanya pada Komponen Lampiran yang kurang kelengkap. Selain kelengkapan dari Modul Ajar, ditemukan juga tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru selama penyusunan Modul Ajar tersebut. Tantangan yang pertama adalah guru meneyesuaikan kebutuhan siswa yang bergaam dalam satu kelas dan juga kurangnya pelatihan kepada guru berkaitan dengan pengembangan Modul Ajar. Namun meskipun menghadapi tantangan tersebut, guru sudah memiliki solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu, untuk mengatasi tantangan yang berkaitan dengan penyesuaian kebutuhan siswa, guru bisa melakukan sebuah tes untuk mengetahui kemampuan siswa di dalam kelas dan untuk mengatasi tantangan yang berkaitan dengan kurangnya pelatihan kepada guru, guru bisa mengikuti pelatihan yang berkiatan dengan penyusunan Modul Ajar atau sekolah dan pemerintah memperbnayak informasi pelatihan sehngga guru bisa mendapatkan informasi baru sebelum menyusun Modul Ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar, kurikulum merdeka, tantangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Wiwik Krismayani |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 09:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 09:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16561 |
Actions (login required)
View Item |