Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 5 Lembor

Hartini, Reineldis Geti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 5 Lembor. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011089-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011089-ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (723kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011089-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011089-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011089-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemapuan memahami suatu materi atau konsep dan dapat mengungkapkan kembali apa yang dipahami dengan menggunakan bahasa sendiri, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lembor melalui penerapan model pembelajaran mind mapping dalam materi bangun ruang sisi datar serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lembor pada semester genap 2021/2022, sebanyak 30 orang siswa. Data penelitian ini yaitu pemahaman konsep siswa yang dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep berbentuk soal uraian, dan data tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket tanggapan siswa melalui google form. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata skor pemahmanan konsep matematika siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu dari siklus I ke Siklus II sebesar 22%, dari siklus I yang memperoleh nilai rata-rata 59,63 dan prsentase ketuntasan klasikal sebesar 60% ke siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 72,59 dengan prsentase ketuntasan klasikal sebesar 80%. Peningkatan tersebut terjadi karena: (1) diminta untuk menyelesaikan permasalahan pada LKPD terlebih dahulu agar siswa terbiasa menemukan, memahami dan mengerti konsep matematika, serta dapat mengembangkan ide dan kreatifitas siswa dalam pembuatan mind mapping; (2) diberikan kegiatan praktikum dalam memanfaatkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari untuk memudahkan dalam menemukan konsep; (3) siswa diberikan permasalahan kontekstual yang terkait sehingga siswa dapat mengaplikasikan konsep yang dipelajari; (4) siswa diberikan bimbingan secukupnya dan motivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping1, Pemahaman Konsep Matematika Siswa2, Bangun Ruang Sisi Datar3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: REINELDIS GETI HARTINI
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:18
Last Modified: 25 Jul 2023 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16588

Actions (login required)

View Item View Item