Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas II SD

widiani, Anak Agung Oka Vera (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas II SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729041089-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729041089-ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
1729041089-BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041089-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041089-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729041089-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan permainan tradisional dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas II SD. Penelitian ini penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD gugus Mas, Kecamatan Ubud yang berjumlah 178 siswa dan 45 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data sikap sosial dikumpulkan dengan kuesioner sikap dan hasil belajar PKn menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TGT berbantuan permainan tradisional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TGT berbantuan permainan tradisional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 3) terdapat perbedaan secara simultan terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TGT berbantuan permainan tradisional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas II SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sikap sosial, hasil belajar PKn, model pembelajaran TGT berbantuan permainan tradisional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Anak Agung Oka Vera Widiani
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:44
Last Modified: 02 Mar 2020 07:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item