Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Mengakibatkan Perbedaan Hasil Belajar Biologi SMA Negeri 1 Sukasada

Yoga, I Kadek Arta (2023) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Mengakibatkan Perbedaan Hasil Belajar Biologi SMA Negeri 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041033-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041033-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041033-LAMPIRAN.pdf

Download (975kB)

Abstract

Model pembelajaran Discovery Learning memiliki keunggulan yaitu siswa dituntut untuk benar-benar menguasai materi dan aktif mencari alternatif lainnya. Sehingga siswa akan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sukasada pada pembelajaran biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Direct Instruction. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Pada kelas yang dibelajarkan dengan Discovery Learning berbantuan multimedia berjumlah 32 siswa sedangkan pada kelas yang dibelajarkan dengan Direct Instruction berbantuan media visual berjumlah 33 siswa sehingga total sampel adalah 65 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik anacova. Hasil analisis data pre-test dan post-test siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia adalah 40,20 dan 75,31, sedangkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media visual adalah 37,18 dan 68,67. Dari hasil analisis data menunjukkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan menggunakan Direct instruction berbantuan media visual. Hasil analisis statistik ANACOVA menunjukan nilai F=16,590 dengan angka signifikansi 0,001. Angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar biologi, Discovery Learning, Direct Instruction
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: I KADEK ARTA YOGA
Date Deposited: 23 Jul 2023 04:02
Last Modified: 23 Jul 2023 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item