Yoga, I Kadek Arta (2023) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Mengakibatkan Perbedaan Hasil Belajar Biologi SMA Negeri 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041033-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041033-ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041033-LAMPIRAN.pdf Download (975kB) |
Abstract
Model pembelajaran Discovery Learning memiliki keunggulan yaitu siswa dituntut untuk benar-benar menguasai materi dan aktif mencari alternatif lainnya. Sehingga siswa akan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sukasada pada pembelajaran biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Direct Instruction. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Pada kelas yang dibelajarkan dengan Discovery Learning berbantuan multimedia berjumlah 32 siswa sedangkan pada kelas yang dibelajarkan dengan Direct Instruction berbantuan media visual berjumlah 33 siswa sehingga total sampel adalah 65 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik anacova. Hasil analisis data pre-test dan post-test siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia adalah 40,20 dan 75,31, sedangkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media visual adalah 37,18 dan 68,67. Dari hasil analisis data menunjukkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan menggunakan Direct instruction berbantuan media visual. Hasil analisis statistik ANACOVA menunjukan nilai F=16,590 dengan angka signifikansi 0,001. Angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar biologi, Discovery Learning, Direct Instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I KADEK ARTA YOGA |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:02 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16601 |
Actions (login required)
View Item |