PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODULE DENGAN BOOK CREATOR UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN IPS PADA SMA PENGGERAK

Sanjaya, Putu Adi (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODULE DENGAN BOOK CREATOR UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN IPS PADA SMA PENGGERAK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129091003-COVER)
2129091003-Cover.pdf

Download (815kB)
[img] Text (2129091003-ABSTRAK)
2129091003-Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text (2129091003-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129091003-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (383kB)
[img] Text (2129091003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129091003-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (2129091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129091003-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (2129091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129091003-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129091003-BAB 5 PENUTUP)
2129091003-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (2129091003-DAFTAR PUSTAKA)
2129091003-Daftar Pustaka.pdf

Download (357kB)
[img] Text (2129091003-LAMPIRAN)
2129091003-Lampiran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keragaman kebutuhan dan gaya belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPS menjadi salah satu inti permasalahan dari penyelenggaraan pembelajaran di sekolah penyelenggara kurikulum merdeka. Tantangan pendidikan pasca pandemi covid-19 serta kebijakan pemerintah mengenai program sekolah penggerak, memberikan peluang dalam mengembangkan bahan ajar yang adaptif dan relevan dengan kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bentuk pengembangan bahan ajar e-modul book creator pada sekolah penggerak, 2) validitas bahan ajar e-modul book creator, serta 3) respon pengguna terhadap pemanfaatan e-modul book creator untuk pembelajaran IPS berdiferensiasi. Tulisan ini merupakan model Penelitian dan Pengembangan (R&D) model 4D, terdiri dari tahap pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (diseminate). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) penyusunan e-modul dilakukan dengan menggunakan aplikasi book creator yang disesuaikan dengan struktur dan substansi sebuah modul ajar, serta mengintegrasikan media ajar yang beragam; (2) validitas e-modul diuji oleh ahli yang berkompeten di bidangnya dengan hasil validasi 95% dan 100% untuk aspek media, 94,4% dan 95,2% untuk aspek materi, serta 96% dan 100% untuk aspek bahasa dengan kategori semua penilaian sangat valid pada semua aspek; (3) pengguna e-modul pada sekolah penggerak di Kabupaten Badung merespon sangat baik, baik dari desain maupun penyajiannya. Aspek utamanya adalah pengguna dapat mempelajari materi sesuai dengan karakteristik gaya dan kebutuhan belajarnya yang berbeda-beda di dalam kelas. Secara umum e-modul book creator memberikan siswa motivasi dan antusiasme dalam belajar karena didukung dengan ketersediaan media dan bahan ajar yang beragam dalam mewujudkan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kebutuhan dan gaya belajar siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Putu Adi Sanjaya
Date Deposited: 23 Jul 2023 03:58
Last Modified: 23 Jul 2023 03:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16621

Actions (login required)

View Item View Item