PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION AND TECHNOLOGY (PhET) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 1 SUKASADA

Dwilestari, Agnes Cesarina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION AND TECHNOLOGY (PhET) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021016-COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021016-ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021016-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis kajian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dan desain kajian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dari kajian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada yang terdiri dari 3 kelas dengan total populasi sebanyak 75 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random assignment dengan total sampel sebanyak 52 siswa. Data hasil belajar fisika siswa diperoleh melalui pemberian tes berbentuk pilihan berganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan uji ANAKOVA satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi sebesar 5 % (0,05). Hasil kajian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas model inkuiri terbimbing berbantuan PhET dan model konvensional masing-masing adalah 79,13 dan 71,17 dengan standar deviasi 4,81 dan 6,70. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 21,220; p < 0,05). Simpulan kajian ini adalah adanya pengaruh hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET dan siswa yang belajar dengan model konvensional. Hasil belajar fisika siswa dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET lebih unggul di bandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model inkuiri terbimbing berbantuan PhET, model konvensional, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Agnes Cesarina Dwilestari
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:22
Last Modified: 24 Jul 2023 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16690

Actions (login required)

View Item View Item