Dwilestari, Agnes Cesarina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION AND TECHNOLOGY (PhET) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021016-COVER.pdf Download (861kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021016-ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021016-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis kajian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dan desain kajian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dari kajian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada yang terdiri dari 3 kelas dengan total populasi sebanyak 75 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random assignment dengan total sampel sebanyak 52 siswa. Data hasil belajar fisika siswa diperoleh melalui pemberian tes berbentuk pilihan berganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan uji ANAKOVA satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi sebesar 5 % (0,05). Hasil kajian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas model inkuiri terbimbing berbantuan PhET dan model konvensional masing-masing adalah 79,13 dan 71,17 dengan standar deviasi 4,81 dan 6,70. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 21,220; p < 0,05). Simpulan kajian ini adalah adanya pengaruh hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET dan siswa yang belajar dengan model konvensional. Hasil belajar fisika siswa dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET lebih unggul di bandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model inkuiri terbimbing berbantuan PhET, model konvensional, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Agnes Cesarina Dwilestari |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 01:22 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16690 |
Actions (login required)
View Item |