PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MASALAH AUTENTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 3 NUSA PENIDA

Aryawan, I Wayan Surya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MASALAH AUTENTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 3 NUSA PENIDA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011032-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011032-ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011032-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, sangat erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Belum berjalannya proses pembelajaran matematika sesuai dengan standar proses pada satuan pendidikan, mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sousi yang dapat ditawarkan adalah menerapkan model pembelajaran discovery learning. Sebagai upaya memaksimalkan penerapannya, perlu untuk mengkolaborasikan model dengan masalah autentik. Sehingga, tujuan penelitian adalah melihat apakah siswa yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis masalah autentik lebih baik kemampuan pemecahan masalah matematikanya daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Siswa kelas VIII SMPN 3 Nusa Penida dengan jumlah 84 orang diambil sebagai populasi. Adapun teknik yang dijadikan pegangan dalam memilih sampel sebanyak 2 kelompok kelas ialah teknik cluster random sampling. Sehingga diambil kelas VIIIA dengan jumlah siswa 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 29 siswa dari kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol. Quasi exsperiment merupakan penelitian yang digunakan dengan Posttest-Only Control Group Design. Data dikumpulkan melalui teknik tes dengan jenis tes uraian. Hasil penelitian berupa rerata skor kelas eksperimen alah 71,07 dan rerata skor kelas kontrol ialah 52,21. Sehingga rerata skor posttest pada kelas eksperimen jauh unggul daripada kelas kontrol. Untuk uji hipotesis mengacu pada Uji Independent Samples t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,779>1,672.Sehingga, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis masalah autentik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikam siswa kelas VIII SMPN 3 Nusa Penida.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Masalah Autentik, Kemampuan pemecahan masalah Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Wayan Surya Aryawan
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:09
Last Modified: 25 Jul 2023 08:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16712

Actions (login required)

View Item View Item