PENGGUNAAN MEDIA PADLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PETANG

Ratih, I Dewa Ayu Gede Suwari (2023) PENGGUNAAN MEDIA PADLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PETANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011026-COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011026-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1912011026-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
1912011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011026-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011026-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran teks ulasan melalui penggunaan media Padlet siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Petang, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Petang dalam menulis teks ulasan melalui penggunaan media Padlet, mendeskripsikan respons siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Petang terhadap penggunaan media Padlet dalam pembelajaran menulis teks ulasan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Petang, serta objek aktivitas siswa, hasil belajar menulis teks ulasan, dan respons siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket serta dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran yang tepat pada penggunaan media Padlet ditekankan pada prosedur penulisan teks ulasan, kosakata yang baik, kalimat, dan ejaan, (2) penggunaan media Padlet dapat meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan. Pada pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 62,5 kategori (cukup), siklus 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 73 kategori (baik), sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 88,7 kategori (sangat baik), (3) tanggapan siswa sangat positif terhadap penggunaan media Padlet. Pada siklus I diperoleh rata-rata 43,4 (positif), sedangkan siklus II diperoleh rata-rata 46,5 (sangat positif). Kata Kunci : Menulis, Padlet, Teks Ulasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Gede Suwari Ratih
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:06
Last Modified: 25 Jul 2023 00:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16726

Actions (login required)

View Item View Item