PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) LABORATORIUM UNDKSHA

Piscesita, Brilliantari Boeky (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) LABORATORIUM UNDKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914031002-COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914031002-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1014031002-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1914031002-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1914031002-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031002-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V SARAN DAN KESIMPULAN)
1914031002-BAB V SARAN DAN KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914031002-LAMPIRAN.pdf

Download (710kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran geografi SMA, (2) Menganalisis hasil belajar siswa sebelum dan setelah model pembelajaran Index Card Match diimplementasikan dalam pembelajaran geografi di SMA, (3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa di SMA, (4) Mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran geografi di SMA. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen (quasi experimental) dengan Non-equivalent Control Group Desain. Sampel penelitian adalah Siswa kelas X MIPA (kelas eksperimen) dan kelas X IIS (kelas kontrol) di SMA Swasta Laboratorium Undiksha beserta Guru Geografi pada kelas bersangkutan yang ditentukan secara Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, tes dan dilengkapi dengan metode dokumentasi dan pencatatan dokumen. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan inferensial menggunakan Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model Pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran geografi di SMA Swasta Laboratorium Undiksha dapat diterapkan guru dengan kategori ”sangat baik” dengan nilai rata – rata mencapai 88,5, (2) Hasil Belajar Siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya Model Pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Geografi di SMAS Laboratorium Undiksha. Kelas eksperimen mencapai peningkatan 55,40% (3) Terdapat perbedaan Hasil Belajar Siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya Model Pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran geografi dengan signifikansi 0,0000 < 0,050, (4) Model Pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran geografi berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa dengan signifikansi 0,000 < 0,050, (5) Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran geografi tidak mengalami kendala, baik berasal dari guru maupun dari siswa oleh sebab itu model pembelajaran Index Card Match ini juga bisa diterapkan pada materi pembelajaran yang lainnya selain Atmosfer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rendahnya Hasil belajar, Index Card Match, Atmosfer
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Brilliantari Boeky Piscesita
Date Deposited: 25 Jul 2023 13:41
Last Modified: 25 Jul 2023 13:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16778

Actions (login required)

View Item View Item