PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Sanjiwani, Ni Kadek Ratna (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071039-COVER.pdf

Download (950kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071039-ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071039-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik; (2) menganalisis validitas; (3) kepraktisan; (4) keterbacaan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terintegrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation) namun pada penelitian hanya dibatasi hingga tahap Develop. Subjek penelitian meliputi dua orang ahli pendidikan IPA, empat orang guru IPA SMP, dan sepuluh orang peserta didik kelas VII di SMPN 1 Singaraja dan SMPN 1 Sukasada. Metode pengambilan data yakni menggunakan teknik angket yang berupa angket uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keterbacaan. Data hasil penelitian ini berupa karakteristik, validitas, kepraktisan dan tingkat keterbacaan. Jenis data kuantitatif yakni hasil penilaian angket dan data kualitatif yakni karakteristik dan masukan dari validator, praktisi, maupun peserta didik. Teknik analisis data kualitatif yakni dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dengan tabulasi silang dan rata-rata skor. Karakteristik LKPD berbasis problem based learning terintegrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan (1) membahas materi ekologi dan keanekaragaman hayati; (2) menggunakan langkah-langkah problem based learning; (3) mengintegrasikan Dimensi Profil Pelajar Pancasila; dan (4) dilengkapi empat buah LKPD berbasis problem based learning terintegrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang membahas materi ekologi dan keanekaragaman hayati. LKPD berbasis problem based learning memperoleh skor validitas 0,85 dengan kategori sangat valid. LKPD berbasis problem based learning memperoleh skor 4,73 dengan kategori sangat praktis. Keterbacaan LKPD berbasis problem based learning memperoleh skor 4,2 dengan kategori terbaca. Berdasarkan data hasil penelitian, LKPD berbasis problem based learning terintegrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati yang telah dikembangkan layak diimplementasikan ke tahap selanjutnya. Kata kunci: LKPD, problem based learning, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, problem based learning, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ratna Sanjiwani
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:27
Last Modified: 27 Jul 2023 02:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16787

Actions (login required)

View Item View Item