PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Sukma, Crisna Wijaya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031083-COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031083-ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031083-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031083-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media belajar berupa Media Pembelajaran Digital Augmented Reality Berbasis Android pada materi Sistem Tata Surya untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan media digital Augmented Reality ini mengacu pada prosedur yang terdapat pada model ADDIE, yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek dalam penelitian ini yaitu media digital Augmented Reality yang dinilai oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru dan 10 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah validitas media digital Augmented Reality. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dengan menggunakan skala lima. Analisis data yang dilakukan menggunakan rumus persentase. Hasil perolehan persentase dari uji ahli materi sebesar 93,99% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media sebesar 85,99% dengan kualifikasi baik, kepraktisan untuk guru sebesar 91,25% dengan kualifikasi sangat praktis dan kepraktisan siswa sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan media digital Augmented Reality ini layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality,media pembelajaran digital, model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Crisna Wijaya Sukma
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:18
Last Modified: 25 Jul 2023 00:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16825

Actions (login required)

View Item View Item