Sukma, Crisna Wijaya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031083-COVER.pdf Download (746kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031083-ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (621kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031083-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031083-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media belajar berupa Media Pembelajaran Digital Augmented Reality Berbasis Android pada materi Sistem Tata Surya untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan media digital Augmented Reality ini mengacu pada prosedur yang terdapat pada model ADDIE, yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek dalam penelitian ini yaitu media digital Augmented Reality yang dinilai oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru dan 10 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah validitas media digital Augmented Reality. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dengan menggunakan skala lima. Analisis data yang dilakukan menggunakan rumus persentase. Hasil perolehan persentase dari uji ahli materi sebesar 93,99% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media sebesar 85,99% dengan kualifikasi baik, kepraktisan untuk guru sebesar 91,25% dengan kualifikasi sangat praktis dan kepraktisan siswa sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan media digital Augmented Reality ini layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality,media pembelajaran digital, model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Crisna Wijaya Sukma |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16825 |
Actions (login required)
View Item |