PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP N 1 ATAP KINTAMANI

Selamat, I Ketut (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP N 1 ATAP KINTAMANI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929091013-COVER.pdf

Download (150kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929091013-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929091013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929091013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929091013-LAMPIRAN.pdf

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Pembelajaran Kontekstual berbasis Problem-Based Learning, menganalisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa sebelum dan sesudah penerapan Pembelajaran Kontekstual beserta ada atau tidaknya perbedaan sikap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini dirancang untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis Problem Based Learning Model untuk mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap peduli lingkungan siswa sebelum mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis Problem-Based Learning Model diklasifikasikan dalam kategori cukup tinggi, sikap peduli lingkungan siswa sesudah mengikuti pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi, respon siswa terhadap pengaplikasian pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi dan terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan terhadap siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, problem-based learning, sikap peduli lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I KETUT SELAMAT
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:50
Last Modified: 25 Jul 2023 00:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item View Item