FARIDO, ANDRESTA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS XI IBB 1 DI SMA N 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912061027_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912061027_ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912061027_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (443kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061027_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1912061027_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061027_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061027_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061027_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912061027_LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana, serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan flash card. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 35 orang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus berisi dua kali tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Flash card dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa XI IBB 1. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian, terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari pre-test yaitu 14,28%, kemudian meningkat menjadi 74,29% pada post-test siklus I, kemudian menjadi 88,57% pada post-test siklus II. Dari hasil kuesioner, siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan flash card. Pada siklus I, respon siswa mencapai 84,74%, dan pada siklus II respon siswa mencapai 89,65%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hiragana, Jigsaw, Flash Card |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Andresta Farido |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:21 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16871 |
Actions (login required)
View Item |