PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERPENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN BALI MANDARA

Pratiwi, Ni Putu Irma Satya (2023) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERPENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913041022-COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913041022-ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913041022-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model think pair share berpendekatan flipped classroom dan dengan model think pair share berpendekatan konvensional serta untuk mengetahui profil kemandirian belajar siswa setelah dibelajarkan model pembelajaran TPS berpendekatan flipped classroom. Jenis penelitian ini merupakan ekperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Bali mandara. Teknik pemilihan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengundian ditetapkan bahwa sampel yang digunakan, yaitu XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan siswa yang berjumlah 27 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol dengan siswa yang berjumlah 26 orang. Secara keseluruhan sampel yang digunakan berjumlah 53 orang. Peningkatan kemandirian belajar diketahui dari nilai N-Gain yang dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil Kemandirian Belajar siswa SMA Negeri Bali Mandara setelah dibelajarkan dengan model think pair share berpendekatan flipped classroom berada pada ketegori baik untuk tingkat kemandirian belajarnya dan dimensi dengan skor tertinggi adalah tanggung jawab. Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan dengan think pair share berpendekatan flipped classroom dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model think pair share berpendekatan konvensional pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Bali Mandara dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test mendapatkan hasil signifikansi 0,046 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Siswa, Model Think Pair Share (TPS), Pendekatan Flipped Classroom
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Putu Irma Satya Pratiwi
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:24
Last Modified: 26 Jul 2023 04:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item