Pratiwi, Ni Putu Irma Satya (2023) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERPENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913041022-COVER.pdf Download (751kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913041022-ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913041022-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model think pair share berpendekatan flipped classroom dan dengan model think pair share berpendekatan konvensional serta untuk mengetahui profil kemandirian belajar siswa setelah dibelajarkan model pembelajaran TPS berpendekatan flipped classroom. Jenis penelitian ini merupakan ekperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Bali mandara. Teknik pemilihan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengundian ditetapkan bahwa sampel yang digunakan, yaitu XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan siswa yang berjumlah 27 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol dengan siswa yang berjumlah 26 orang. Secara keseluruhan sampel yang digunakan berjumlah 53 orang. Peningkatan kemandirian belajar diketahui dari nilai N-Gain yang dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil Kemandirian Belajar siswa SMA Negeri Bali Mandara setelah dibelajarkan dengan model think pair share berpendekatan flipped classroom berada pada ketegori baik untuk tingkat kemandirian belajarnya dan dimensi dengan skor tertinggi adalah tanggung jawab. Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan dengan think pair share berpendekatan flipped classroom dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model think pair share berpendekatan konvensional pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Bali Mandara dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test mendapatkan hasil signifikansi 0,046 (p<0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar Siswa, Model Think Pair Share (TPS), Pendekatan Flipped Classroom |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Irma Satya Pratiwi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 04:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 04:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16875 |
Actions (login required)
View Item |