PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VII A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KUTA)

Lestari, Ni Putu Ayu Diah (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VII A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KUTA). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029091013-COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029091013-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029091013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029091013-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui beberapa metode yakni metode tes, observasi, dan metode wawancara. Data yang telah dikumpulkan penulis, kemudian dianalisis. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Kuta. Berdasarkan penelitian ini maka ditemukan hasil 1) Penggunaan media pembelajaran Powtoon pada pembelajaran IPS di kelas VII A SMPN 1 Kuta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, baik pada ranah pengetahuan konseptual, nilai-nilai dan sikap sosial, maupun keterampilan sosial berkomunikasi/presentasi siswa dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPS. 2) Kesulitan utama guru dalam penggunaan media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas VII A SMPN 1 Kuta, yaitu masalah tingkat perkembangan anak dan belum terbiasanya siswa diajak untuk memanfaatkan aplikasi pada laptop/gadged dalam pembelajaran. 3) Usaha-usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menyederhanakan materi pembelajaran agar waktu belajar siswa bisa lebih banyak dan siswa lebih fokus dengan bahan diskusi yang didapat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Powtoon, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Minat Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ni Putu Ayu Diah Lestari
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:47
Last Modified: 26 Jul 2023 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16883

Actions (login required)

View Item View Item