Tarazanny, Ni Made Dwi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI DASAR BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN ISI DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129071009-COVER)
2129071009-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2129071009-ABSTRAK)
2129071009-Abstrak.pdf Download (681kB) |
|
Text (2129071009-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071009-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (924kB) |
|
Text (2129071009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071009-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2129071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2129071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (2129071009-BAB 5 PENUTUP)
2129071009-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (2129071009-DAFTAR PUSTAKA)
2129071009-Daftar Pustaka.pdf Download (707kB) |
|
Text (2129071009-LAMPIRAN)
2129071009-Lampiran.pdf Download (34MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses rancang bangun tanggapan ahli isi, ahli desain, dan ahli media, mendeskripsikan tanggapan mahasiswa dalam uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, mendeskripsikan efektifitas media mobile learning Mata Kuliah Koreografi Dasar yang dikembangkan terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini berpendekatan penelitian pengembangan (research and development) mengadaptasi tahapan pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan kuisioner. Pelaksanaan uji lapangan menggunakan desain penelitian dengan pretest posttest yaitu tanpa menggunakan kelompok kontrol atau pembanding sehingga pada penelitian ini menggunakan kelompok yang sama. Pada desain penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Hasil penelitian dapat diuraikan; (1) Hasil validasi ahli mata kuliah koreogrfai dasar memperoleh nìlai sebesar 94,6%. dengan kualifikasi sangat baik, hasil validasi ahli desain pembelajaran memberikan nilai 94,6 % dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil validasi ahli media pembelajaran memberikan nilai 81,3 % dengan kualifikasi baik; (2) Hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa media memperoleh nilai persentase 95,2 % dengan kualifikasi sangat baik, hasil tanggapan pada kelompok kecil didapatkan persentase sebesar 93,03 % dengan kategori sangat baik dan hasil yang ditunjukkan oleh uji lapangan yaitu persentase rata-rata sebesar 93,29% dengan kualifikasi sangat baik.; (3) Berdasarkan tes kemampuan membedakan desain gerak tari diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,002 dan lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05), sehingga Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membedakan desain gerak tari sebelum dan sesudah diterapkan Media pembelajaran sehingga media pembelajaran valid digunakan dalam pembelajaran Koreografi Dasar dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membedakan desain gerak tari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Koreografi Dasar, Berbasis Mobile Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Made Dwi Tarazanny, S.Pd |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 05:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 05:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16885 |
Actions (login required)
View Item |