Juniantari, Ni Luh Putu Arik (2023) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas XI MA Miftahul Ulum Pegayaman Berdasarkan Prosedur Newman. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011023-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011023-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011023-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni mengidentifikasikan tipe kekeliruan dan mendeskripsikan penyebab terjadinya kekeliruan siswa ketika menjawab soal cerita materi program linier menurut prosedur Newman di kelas XI MA Miftahul Ulum Pegayaman tahun ajaran 2020/2021. Penelitian kualitatif adalah jenis dari penelitian ini. Data dikumpulkan dengan pemberian tes soal cerita materi program linier dan wawancara mendalam subjek penelitian yang terpilih. Kelas XI yang terdiri dari 23 siswa dibagi kedalam kelompok atas, tengah, dan bawah berdasarkan hasil tes yang sudah diberikan, kemudian digunakan teknik proportional sampling yang menghasilkan yaitu berturut-turut 3 siswa, 7 siswa, dan 2 siswa yang selanjutnya disebut sebagai subjek penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data, yang kemudian divalidasi dengan triangulasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa tipe-tipe kekeliruan ketika menjawab soal cerita menurut prosedur Newman yaitu kekeliruan mengertikan masalah, kekeliruan transformasi, kekeliruan kemahiran berproses, dan kekeliruan penulisan jawaban akhir. Kekeliruan transformasi merupakan tipe kekeliruan terbanyak, dikarenakan subjek penelitian tidak terbiasa menjawab soal yang perlu menafsirkan kebahasaan dan perlu mengubah informasi-informasi verbal kedalam bentuk matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh solusi agar dapat menghindari dan meminimalisir kekeliruan tersebut yaitu siswa disarankan giat memecahkan tes yang membutuhkan penafsiran kebahasaan dan mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika, serta membiasakan diri untuk melakukan pemeriksaan kembali terhadap perolehan yang didapatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesalahan, soal cerita matematika, prosedur Newman |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Arik Juniantari |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16923 |
Actions (login required)
View Item |