Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Pattimura Tahun Ajaran 2022/2023

Purwani, Ni Putu Leny (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Pattimura Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031279 - COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031279 - ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031279 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031279 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031279 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031279 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031279 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031279 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031279 - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Pattimura tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus Pattimura Tahun Ajaran 2022/2023 dengan banyak siswa 310 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini 31 siswa kelas V dari SD Negeri 7 Sesetan menjadi kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas V dari SD Negeri 3 Sesetan menjadi kelompok kontrol yang seluruhnya sebanyak 63 orang siswa. Data kompetensi pengetahuan IPS siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil rata-rata kompetensi pengetahuan IPS kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (82,096 > 77,75) dan berdasarkan hasil uji analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,601 sedangkan pada taraf signifikan 5% dan dk= 61 diperoleh nilai ttabel=2,000. Ini berarti thitung = 2,601> ttabel=2,000 maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Pattimura tahun ajaran 2022/2023. Dengan demikian, Talking Stick berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Pattimura tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembeljaran Talking Stick, Kompetensi Pengetahuan IPS, Media Audio Visual
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Leny Purwani
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:26
Last Modified: 25 Jul 2023 06:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item View Item