Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Miftahul Ulum Pegayaman pada Materi Nilai Mutlak

Maisuroh, Rizki Putuhatul (2023) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Miftahul Ulum Pegayaman pada Materi Nilai Mutlak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011090-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011090-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011090-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011090-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1613011090-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011090-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011090-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011090- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011090-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mendeskripsikan serta menganalisis yang dapat memepengaruhi kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi nilai mutlak merupakan tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini. Pendektan yang digunakan pada penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dimana strategi yang digunakan yakni strategi ekspalnatori skuensial. Subjek pada penelitian ini adalah 30 siswa dari keseluruhan kelas X MA Miftahul Ulum Pegyaman dan seroang guru matematika.penelitian ini menggunakan objek enelitian mengenai kesulitan belajar siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada materi nilai mutlak. Profil tngkat kesulitan belajar siswa serta faktor-fakotor yang mempengaruhi kesuiltan belajar siswa merupakan data yang diperoleh dari penelitian ini. Kegiatan pengambilan data yang akan dilakukan oleh peneliti dilakukan dengan menggunakan 4 metode yakni, metode observasi, metode tes, metode kuisioner serta metode wawanacara,sedangkan unutk menganalsiis data yang telah diperoleh peneliti menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil yang bisa diperoleh dari peneitian ni sebgai berikut (1).kesulitan belajar yang dialami siswa berkisar antara tinggi samapai dengan sangat rendah. Tingkat kesulitan belajar sangat tinggi sebesar 46,7%, tinggi sebesar 26,7%, sedang sebesar 13,3%, cukup rendah sebesar 10%, dan sangat rendah sebesar 3,3%.Sebaran kesulitan belajar siswa kelas X MA Miftahul Ulum untuk masing-masing indikator dari indaktor menentukan penyelesaian nilai mutlak sebesar 74,64% dengan kategori sangat tinggi. Indikator menentukan penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel sebesar 51,87% dengan kategori sedang serta indikator menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel sebesar 81,58 % dengan kategori tinggi.(2) lima aspek yang dapat memepengaruhi kesulitan belajar yakni : asepek kondisi fisik, aspek intelegensi atau pengetahuan awal, aspek minat, aspek bakat serta aspek motivasi, dari kelima aspek tersebut yang menyumbang pengaruh paling besera dalam kesulitan belajar yang dialami siswa yakni aspek kondisi fisik sertta minat belajar siswa . aspek-aspek yang telah diebtkan sebelumnya termasuk dalam faktor yang mem[engaruhi kesulitan belajar siswa yang berasal dari diri siswa tersebut dengan kata lain faktor internal.(3) aspek lain yang juga memepengaruhi kesulitan belajar yakni aspek lingkungan keluarga, lingkungan sekolah serta lingkungan sosial, dari ketoga aspek tersebt yang juga ikut menyumbang peran dalam mempengaruhi kesulitan belajar yakni aspek lingkungan sosial. Dimana aspek aspek tersebut merupakan as[ek yang tergabung dalam faktor yang dapat memepengaruhi kesulitan belajar yang dialami siswa, dimana faktor tersebut berasal dari lingkungan sisswa atau faktor ekternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, faktor kesulitan belajar,pelajaran matematika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: RIZKI PUTUHATUL MAISUROH
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:44
Last Modified: 25 Jul 2023 07:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16926

Actions (login required)

View Item View Item