Putri, Tia Amanda (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN DALAM BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911011030-COVER.pdf Download (822kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911011030-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB 1Pendahuluan)
1911011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (455kB) |
|
Text (BAB 2Kajian Teori)
1911011030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 Metodelogi Penelitian)
1911011030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 Hasil dan Pembahasan)
1911011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 Penutup)
1911011030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911011030-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui rancang bangun, mengetahui validitas konten dan mengetahui efektivitas panduan konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis untuk menurunkan kecemasan dalam belajar siswa SMA. Panduan ini merupakan pedoman bagi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling di sekolah. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, (1974). Penilaian panduan ini dinilai oleh 3 ahli/pakar dalam bidang bimbingan konseling. Instrument penilaian yang digunakan terdiri dari 17 butir pertanyaan yang mengacu pada panduan. Analisis validitas menggunakan formulasi perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe, (1975). Hasil menunjukkan validitas isi (CVI) sebesar 1 yang berarti sangat baik atau istimewa. Hal ini menunjukkan bahwa panduan konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis untuk menurunkan kecemasan dalam belajar siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan. Uji efektivitas melibatkan satu kelas siswa yang berjumlah 36 orang siswa dan dalam penelitian ini menggunakan metode one group pre-test and post-test design. Uji efektivitas ini dilakukan menggunakan uji t, hasil dari uji-t diperoleh thitung = 18,198 dan ttabel = 0,05 yang berarti nilai thitung > ttabel. serta diketahui effect size adalah sebesar 2,98 > dari 0,05. Hasil ini menyatakan bahwa pengembangan panduan konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan dalam belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Tia Amanda Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16943 |
Actions (login required)
View Item |