Putri, Nur Hadiyani Liza (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPRATIF TIPE POE (Predict-Observe-Explain) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGRI 1 WANASABA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041019-COVER.pdf Download (563kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041019-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041019-LAMPIRAN.pdf Download (888kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kopratif tipe POE (predict-observe-explain) mampu mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar biologi siswa kelas sepuluh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan nonequivalent randomized pre and posttest control group design, dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 35 siswa dan 36 siswa pada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen siswa dibelajarakan menggunakan model POE (Predict-Observe-Explain), sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model konvensional. Dilakukan penilaian berupa: (1) memberikan tes awal untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan disampaikan, (2) memberikan tes ahir untuk mengetahui pengetahuan ahir siswa tentang materi yang telah disampaikan menggunakan soal tes sebanyak 20 butir pilihan ganda. Data yang diperoleh dapat dilihat bahwa nilai sig < 0,05 yaitu 0,001. Dengan demikian H0 ditolak berarti rata-rata prestasi belajar pada kelompok eksperimen lebih besar daripada rata-rata prestasi belajar pada kelompok kontrol. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan prestasi belajar Biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain) dengan siswa ynag dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Wanasaba. Rata-rata gain score ternormalisasi prestasi belajar pada kelompok eksperimen sebesar 74,88 dan kelompok kontrol sebesar 62,76. Jadi bisa disimpulkan bahwa gain score ternormalisasi prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran POE lebih tinggi dari pada siswa dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran POE (Predic-Obsserv-Explain, Penerapan, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Nur Hadiyani Liza Putri |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16974 |
Actions (login required)
View Item |