DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN UNTUK PEROLEHAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KALIPAIT

Amanda, Dhea Puri (2023) DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN UNTUK PEROLEHAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KALIPAIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031177-COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031177-ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031177-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (532kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031177-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031177-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031177-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031177-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031177-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031177-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran untuk perolehan profil pelajar Pancasila siswa dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran agar siswa memperoleh profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas I dan kelas IV. Hasil dari penelitian berupa; (1) Proses pembelajaran untuk perolehan profil pelajar Pancasila siswa oleh guru dilakukan dengan pemberian penjelasan kepada peserta didik, pembentukan belajar kelompok, mengoneksikan materi dengan karakter, melaksanakan pembiasaan menyanyikan lagu nasional dan melafalkan Pancasila, menggunakan cerita lokal dalam pembelajaran, menggunakan permainan tradisional untuk memberikan dorongan semangat dalam memecahkan masalah, menerapkan tutor sebaya, dan mengomunikasikan hasil kerja atau pendapat peserta didik. Profil pelajar Pancasila yang dominan terbentuk adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, dimensi berkebinekaan global, dimensi bergotong royong. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran untuk perolehan profil pelajar Pancasila adalah kurangnya kompetensi guru, terutama lemahnya pada jenis kompetensi pedagogik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran, Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dhea Puri Amanda
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:50
Last Modified: 26 Jul 2023 05:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item