Yoga, I Made (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA BESAR (PASSING BOLA VOLI DAN PASSING BOLA BASKET) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI 1 TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1816011097-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011097-ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011097- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011097- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011097- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011097-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011097-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bola besar (passing bola voli dan passing bola basket) pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tegallalang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tegallalang Tahun Pelajaran 2022/2023, yang berjumlah 36 orang dengan rincian 20 orang putri dan 16 orang putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar bola besar secara klasikal mengalami peningkatan, hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Tegallalang diperoleh presentase sebesar 27,7%. Pada analisis hasil belajar pada siklus I aspek pengetahuan passing bola basket adalah, 91,7% sedangkan pada aspek keterampilan passing bola basket 88,9%. Hasil belajar siklus II pada aspek pengetahuan passing bola voli adalah sebesar 94,4% sedangkan pada aspek keterampilan passing bola voli adalah 91,7%. Disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar bola besar (passing bola voli dan passing bola basket) pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2022/2023. Disarankan kepada guru PJOK untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) karena dapat meningkatkan hasil belajar bola besar. Kata-Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, passing, bola basket, dan bola voli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, hasil belajar, passing, bola basket, dan bola voli. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Made Yoga |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 18:02 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 18:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17027 |
Actions (login required)
View Item |