Darmayani, I Gusti Ayu Dita (2020) Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIA Pada Materi Pembelajaran Kimia Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031034-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031034-ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031034-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan kesulitan belajar kimia dan faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar kimia yang dialami siswa kelas XII MIA pada materi pembelajaran kimia kelas XI semester ganjil di SMA Negeri 1 Seririt. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII MIA, guru kimia, waka sarana prasarana, kepala perpustakaan, dan laboran kimia. Objek dalam penelitian ini yaitu kesulitan belajar kimia dan faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar kimia. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu studi dokumen, kuesioner, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan belajar kimia pada materi pembelajaran kimia kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 sebesar 68,52%. Tingkat kesulitan belajar siswa berkisar antara sedikit sulit sampai cukup sulit. Kesulitan yang dialami siswa yaitu pada materi hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, dan kesetimbangan kimia. Jumlah siswa mengalami kesulitan belajar pada materi hidrokarbon sebesar 68,71%, materi termokimia sebesar 74,07%, materi laju reaksi sebesar 68,05%, dan materi kesetimbangan kimia sebesar 64,5%. Kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi kesulitan belajar kimia siswa yang dominan adalah faktor intelegensi. Faktor eksternal yang memengaruhi kesulitan belajar kimia siswa yang dominan adalah faktor lingkungan sekolah. Kata kunci: kesulitan belajar kimia, materi pembelajaran kimia kelas XI semester ganjil, faktor eksternal, faktor internal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar kimia, materi pembelajaran kimia kelas XI semester ganjil, faktor eksternal, faktor internal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Dita Darmayani |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 06:42 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 06:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1703 |
Actions (login required)
View Item |