STUDI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 3 SINGARAJA PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR PEMESINAN

Zainuddin, Moch (2023) STUDI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 3 SINGARAJA PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR PEMESINAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515071030_COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515071030-ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515071030_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515071030_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515071030_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515071030_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515071030_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515071030_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515071030_LAMPIRAN.pdf

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan tingkat efektifitas penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran dasar – dasar pemesinan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TO 2 di SMKN 3 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model one shoot case study, yang didalamnya terkandung pre-test dan post-test, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan n gain skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi model pembelajaran CTL terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil taraf signifikansi uji t sebesar 0,000 yang mengindikasikan terdapat perbedaan hasil yang signifikan anatara pre-test dan post-test dan hasil uji N gain score yang diperoleh nilai sebesar 0,741 yang mengindikasikan tingkat efektifitas implementasi model pembelajaran CTL yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning, hasil belajar, one shoot case study
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Moch Zainuddin
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:01
Last Modified: 26 Jul 2023 05:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item View Item