ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERAJINAN DULANG KAYU DI DESA PETANDAKAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG

Indrayani, Nyoman Ayu Arya (2023) ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERAJINAN DULANG KAYU DI DESA PETANDAKAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1617011075-COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1617011075-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1617011075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1617011075-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1617011075-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1617011075-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1617011075-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1617011075-LAMPIRAN.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini Bertujuan Untuk mengetahui strategi pemasaran kerajinan dulang kayu dan Untuk mengetahui analisis SWOT terhadap strategi pemasaran kerajinan dulang kayu. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti memilih lokasi pengrajin dulang yaitu di Desa Petandakan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng yang terletak di Jalan Pulau Menjangan. Adapun subjek dalam penelitian pada Pengrajin Kerajinan Dulang Kayu di Desa Petandakan, yaitu 3 orang pemilik. Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kerajinan Dulang Kayu di Desa Petandakan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data SWOT analysis. Hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Analisis SWOT Pada Pengrajin Dulang Kayu maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Kekuatan (Strenght) yang dimiliki pengrajin kerajinan dulang di Desa Petandakan masih mudah untuk mendapatkan bahan baku, memiliki motif atau corak yang beraneka ragam, memiliki kualitas dulang yang tahan lama, harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas, memiliki Standar Oprasional Prosedur yang jelas dan memiliki karyawan yang sudah paham akan cara pembuatan kerajinan dulang kayu. Kelemahan (Weaknness) yang dimiliki oleh pengrajin kerajinan dulang kayu di desa petandakan yaitu: jumlah yang bekerja saat ini mulai mengalami penurunan dan pengabilan keputusan masih pada pemilik usaha. Peluang (Opportunity) yang dimilikki dimiliki oleh pengrajin kerajinan dulang kayu di desa petandakan yaitu: pemerintah melibatkan kerajinan dulang kayu di setiap acara paeran, adanya kerjasama antara pengrajin dan pemerintah, pangsa pasar yang cukup tinggi, penjualan dulang kayu mengalami peningkatan saat mendekati hari raya tertentu hingga mengakibatkan penjualan pun ikut meningkat. Ancaman (Threats) yang dimilikki dimiliki oleh pengrajin kerajinan dulang kayu di desa petandakan yaitu: mengalami penurunan penjualan sejak awal tahun 2020, belum semua memanfaatkan media social untuk memasarkan produknya, adanya pesaing yang mampu memberikan harga yang lebih murah dan bisa menyelesaikan barang dengan waktu yang singkat. Strategi yang tepat digunakan oleh Pengrajin Dulang Kayu di Desa Petandakan adalah Strategi Agresif yaitu strategi dengan mengoptimalkan kekuatan dan peluang (Strengths-Opportunity) agar perusahaan dapat tumbuh berkembang dan bisa menghadapi persaingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SWOT, Strategi Pemasaran, UMK.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Nyoman Ayu Arya Indrayani
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:50
Last Modified: 26 Jul 2023 01:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item