PERBAIKAN PENGALAMAN PENGGUNA SISTEM PENDAFTARAN KEMBALI UNDIKSHA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Widyasari, Ni Putu Anisa Marta (2023) PERBAIKAN PENGALAMAN PENGGUNA SISTEM PENDAFTARAN KEMBALI UNDIKSHA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915091024-COVER.pdf

Download (494kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915091024-ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915091024-LAMPIRAN.pdf

Download (392kB)

Abstract

Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha merupakan sistem yang dikembangkan oleh Undiksha untuk memudahkan proses pendaftaran kembali bagi calon-calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Undiksha. Semenjak terjadinya Covid-19, saat ini calon mahasiswa baru harus mendaftar ulang secara online dengan menggunakan sistem tersebut. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap beberapa stakeholder, kerap kali terjadi kebingungan saat calon mahasiswa menggunakan sistem Pendaftaran Kembali Undiksha, hal tersebut juga diketahui melalui grup diskusi telegram yang difasilitasi Undikhsha untuk calon mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pengalaman pengguna saat menggunakan Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha dengan menggunakan metode Design Thinking. Pada tahap test awal, variabel efektivitas mendapatkan nilai rata-rata sebesar 93.34%, efisiensi sebesar 89% dan kepuasan sebesar 58,5. Sedangkan pada tahap test akhir variabel efektivitas mendapatkan nilai rata-rata sebesar 100%, efisiensi sebesar 92,7% dan kepuasan sebesar 95. Sehingga rekomendasi perbaikan difokuskan untuk memperbaiki pengalaman pengguna saat menggunakan Sistem Pendafataran kembali Undiksha dengan mengubah tata letak (layout) sistem, menambahkan/menghilangkan beberapa field yang ada pada setiap menu serta membuat sistem agar lebih konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha, Design Thinking, User Experience, Usability
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ni Putu Anisa Marta Widyasari
Date Deposited: 25 Jul 2023 18:44
Last Modified: 25 Jul 2023 18:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item