PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI BB I DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Sinuhaji, Brema Cahyadi (2023) PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI BB I DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011025-COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011025-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011025-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 4 Singaraja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistic parametric menggunakan uji paired sample T-test. Desain penelitian yang digunakan berupa Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument validitas pakar yang kemudian dianalisis dengan formula CVR (Content Validity Ratio), CVI (Content Validity Indeks), validitas, reliabilitas, serta uji t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh butir diterima serta mendapatkan nilai CVI sebesar 1 dengan kategori sangat sesuai, maka dari itu instrument motivasi belajar siswa telah memenuhi ketentuan untuk digunakan. Pada uji validitas yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa nilai rxy > rtabel yang berarti seluruh butir instrument dinyatakan valid. Pada perhitungan reliabiltas, diperoleh nilai cronbach’s alpa sebesar 0,909 > 0,6. Dengan adanya hal ini maka seluruh item dinyatakan reliabel dengan tingkat reliabilitas yang kuat. Untuk mengetahui pengaruh dari layanan konseling yang diberikan melibatkan 21 siswa dan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,024 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hasil ini menyatakan bahwasannya konseling behavioral teknik self management memiliki pengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 4 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Konseling Behavioral, Manajemen Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Brema Cahyadi Sinuhaji
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:56
Last Modified: 26 Jul 2023 05:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17088

Actions (login required)

View Item View Item