Sinuhaji, Brema Cahyadi (2023) PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI BB I DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911011025-COVER.pdf Download (710kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911011025-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911011025-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 4 Singaraja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistic parametric menggunakan uji paired sample T-test. Desain penelitian yang digunakan berupa Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument validitas pakar yang kemudian dianalisis dengan formula CVR (Content Validity Ratio), CVI (Content Validity Indeks), validitas, reliabilitas, serta uji t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh butir diterima serta mendapatkan nilai CVI sebesar 1 dengan kategori sangat sesuai, maka dari itu instrument motivasi belajar siswa telah memenuhi ketentuan untuk digunakan. Pada uji validitas yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa nilai rxy > rtabel yang berarti seluruh butir instrument dinyatakan valid. Pada perhitungan reliabiltas, diperoleh nilai cronbach’s alpa sebesar 0,909 > 0,6. Dengan adanya hal ini maka seluruh item dinyatakan reliabel dengan tingkat reliabilitas yang kuat. Untuk mengetahui pengaruh dari layanan konseling yang diberikan melibatkan 21 siswa dan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,024 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hasil ini menyatakan bahwasannya konseling behavioral teknik self management memiliki pengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 4 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Konseling Behavioral, Manajemen Diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Brema Cahyadi Sinuhaji |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:56 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17088 |
Actions (login required)
View Item |