Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah HOTS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja

Wayoi, Rosdiana (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah HOTS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011103-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011103-ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011103-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011103-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011103-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran berbasis pada masalah high order thingking skill di era reformasi seperti saat ini sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah HOTS terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitan eksperimen dengan. populasi siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas eksperimen (VIII Kenanga) dan kelas kontrol (VIII Melati). Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor postest pada kelas eksperimen adalah 74,19 serta kelas kontrol 63,5. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dengan alat bantu SPSS versi 25.0 for windows dengan taraf signifikansi yang menunjukkan nilai signifikansi (0.01) < 0.05. Hasil pengujian menggunakan t-test for equality of means dengan perolehan thitung = 3.572 dengan signifikansi 0,01 < 0,05. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah hots lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah1, Prestasi Belajar Matematika2, HOTS3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Rosdiana Wayoi
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:32
Last Modified: 26 Jul 2023 04:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17095

Actions (login required)

View Item View Item