DESCRIBING TEACHING AND LEARNING ACTIVITIES DURING THE IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN SMPN 2 SAWAN, BULELENG, BALI

Cahyani, Putu Novi Trisna (2023) DESCRIBING TEACHING AND LEARNING ACTIVITIES DURING THE IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN SMPN 2 SAWAN, BULELENG, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021193-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021193-ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021193-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021193-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021193-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021193-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021193-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021193-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021193-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar mengajar terhadap implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan campura dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris kelas VII yang berjumlah 2 orang dan 172 siswa yang dipilih langsung oleh peneliti berdasarkan karakteristik siswa dan kesediaan informan untuk menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumen, oberservas dan kuisioner. Penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ativitas yang terdapat dalam modul kurikulum merdeka dapat mengakomodir kompetensi dan keterampilan siswa dan telah sesuai dengan karakteristik dan pedoman kurikulum merdeka. Oleh karena itu, sangat jelas bahwa guru perlu membuat modul untuk pedoman dalam mengajar. Hasil yang ditunjukan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas pada modul guru belum sepenuhnya diimplementasikan oleh guru di kelas. Guru membuat aktivitas sesuai dengan suasana kelas tetapi berpedoman pada Kurikulum Merdeka. Persepsi guru termasuk ke dalam kategori persepsi yang positif karena dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka terdapat aktivitas yang dapat menumbuhkan semangat siswa, kenyamanan saat belajar di dalam kelas dalam pembelalajaran yang telah disesuaikan dengan karakteristik Kurikulum Merdeka. Sedangkan dari sisi siswa memiliki persepsi yang positif terhadap media yang guru gunakan untuk menyampaikan bahan ajar dan dalam proses pembelajaran membuat peserta didik berfikir secara kritis. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Mengajar, Belajar, Persepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Mengajar, Belajar, Persepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Novi Trisna Cahyani
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:32
Last Modified: 26 Jul 2023 06:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item View Item