PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS- METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN GRAMATIKA DI KELAS XI-FASE F SMK NEGERI BALI MANDARA

Perayani, Kadek (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS- METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN GRAMATIKA DI KELAS XI-FASE F SMK NEGERI BALI MANDARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129011001-COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129011001-ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129011001-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivis metakognitif dalam pembelajaran gramatika. Pembelajaran tersebut berakar dari ketidakpahaman siswa terhadap tata bahasa yang menyebabkan keterampilan berbahasa kurang baik khususnya dalam berbicara dan menulis. Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu, bagaimana pelaksanaan penerapan pendekatan konstruktivis metakognitif dalam pembelajaran gramatika, bagaimana respons siswa terhadapa penerapan pendekatan konstruktivis metakognitif dalam pembelajaran gramatika, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran gramatika dengan penerapan konstruktivis metakognitif. Adapaun tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui penerapan pendekatan konstruktivis metakognitif dalam pembelajaran gramatika di kelas XI SMK Negeri Bali Mandara, untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan pendekatan konstruktivis metakognitif dalam pembelajaran gramatika, untuk mengatahui hasil belajar peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran gramatika dengan pendekatan konstruktivis metakognitif. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada rumusan pertama yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang didapatkan melalui pengamatan, rumusan yang kedua dengan menghitung rata-rata peserta didik dari data angket yang telah dikumpulan, begitu juga yang dilakuka pada rumusan yang ketiga untuk mengetahui hasil belajar melalui dokumen evaluasi yang telah dilakukan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan konstruktivis metakogitif pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berjalan sesuai sintak konstruktivis metakognitif meskipun terdapat satu sintak yang tidak dilakukan oleh guru namun tidak mengubah tujuan pembelajaran yang diinginkan , hal ini dibuktikan dari respons siswa bahwa 96 % siswa merespons sangat setuju. Nilai rata-rata siswa pada evaluasi yang dilakukan oleh guru menunjukan hasil yang baik dengan nilai 88 predikat Baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivis metakognitif dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan kemandirian siswa dalam pembelajaran gramatika sehingga kompetensi berbahasa dapat meningkat pula.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konstruktivis metakognitif, Pembelajaran Gramatika, Respons siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Kadek Perayani, S.Pd
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:01
Last Modified: 26 Jul 2023 04:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item