PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK TEMA 2 (PERSATUAN DALAM PERBEDAAN) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 9 SANGSIT

Ginting, Sri Mahalia Br (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK TEMA 2 (PERSATUAN DALAM PERBEDAAN) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 9 SANGSIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031029-COVER.pdf

Download (745kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031029-ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (649kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031029-LAMPIRAN.pdf

Download (821kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dari instrumen HOTS kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD tema 2 (Persatuan Dalam Perbedaan). Pengembangan instrumen dalam penelitian ini berpedoman pada model Borg dan Gall dengan tahapan yaitu studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap uji lapangan, dan tahap revisi. Instrumen HOTS yang dikembangkan berupa tes dengan bentuk essai. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu kualitas butir soal. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data mengenai instrumen kemampuan HOTS. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis validitas isi, uji validitas butir, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran. Hasil uji validitas isi yang diuji oleh lima pakar Instrumen HOTS dinyatakan relevan, rata-rata hasil uji validitas isi yaitu 0,40 dinyatakan valid, rata-rata hasil uji validitas butir soal instrument yaitu 0,40 dinyatakan valid, rata-rata hasil uji reliabilitas instrumen sebesar 0,71 yang berada pada kriteria sangat tinggi, hasil rata-rata hasil uji daya sebesar 0,46 yang berada pada kriteria daya beda baik, hasil rata-rata skor tingkat kesukaran butir soal sebesar 0,52 yang berada pada kategori tingkat kesukaran tergolong sedang. Sehingga instrumen kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD tema 2 (Persatuan Dalam Perbedaan) layak digunakan untuk mengukur kemampuan HOTS siswa dalam memecahkan masalah dan melatih peserta didik berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, HOTS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Sri Mahalia Br Ginting
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:10
Last Modified: 26 Jul 2023 06:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item