PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Suta, I Wayan Budiantha (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011097-COVER.pdf

Download (351kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011097-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011097-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011097-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011097-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011097-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011097-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merdeka mengharapkan siswa lebih aktif dalam memahami sendiri konsep pada materi pembelajaran, guru sebagai fasilitator perlu menyediakan fasilitas kepada siswa seperti media ajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8B SMP Negeri 2 Rendang. Teknik analisis data yang diguinakan dalam peineilitian ini adalah analisis data kuialitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan, dokumentasi. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Karakteristik dari E-LKPD interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar yaitu: 1) Disusun menggunakan media software wizer.me. 2) Menggunakan software geogebra sebagai media interaktif. 3) Desain E-LKPD sampul, identitas, kompetensi dasar, indikator pencapaian, petunjuk pengisian, peta konsep, berpikir, mencocokan, media elemen-elemen bangun ruang sisi datar, mengenali, melengkapi kalimat, media jaring-jaring bangun ruang sisi datar, tebak jaring-jaring, media luas permukaan bangun ruang sisi datar, menyelesaikan persoalan terkait kehidupan sehari-hari. Hasil dari penelitian E-LKPD interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa sebagai berikut : validitas dikategorikan sangat valid, kepraktisan dikategorikan sangat praktis, keefektifan dikategorikan sangat efektif, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD Interaktif, Wizer.me, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Wayan Budiantha Suta
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:51
Last Modified: 27 Jul 2023 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17186

Actions (login required)

View Item View Item