Clavinova, Sendy (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI AGAMA MAN 1 JEMBRANA MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN MOODLE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011046-COVER.pdf Download (389kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011046-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011046-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI Agama MAN 1 Jembrana melalui penerapan Blended Learning tipe Flipped Classroom menggunakan MOODLE. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dan diselenggarakan sebanyak tiga siklus, serta subjek selama diadakannya penelitian ini merupakan siswa kelas XI Agama MAN 1 Jembrana pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang beranggotakan 26 orang. Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Selanjutnya, data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan hasilnya menunjukkan peningkatan dimana rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I sebesar 72,12, kemudian hasilnya meningkat menjadi 80,35 pada siklus II, dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 85,17 dengan KKM 80. Peningkatan ini terjadi karena adanya interaksi yang cukup kuat selama proses pembelajaran berlangsung. Seperti pembelajaran dikelas yang diperbanyak dengan penekanan konsep melalui tanya jawab dan pemberian contoh soal yang dapat membuat siswa menjadi lebih paham konsep dasar dari materi yang telah diberikan. Selain itu penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom juga membuat suasana belajar yang baru, siswa mempelajari materi pembelajaran dengan menonton video sehari sebelum pembelajaran dikelas berlangsung secara online melalui MOODLE. Sehingga hal ini membuat siswa menjadi lebih sering belajar dan lebih siap lagi dalam menerima pembelajaran dikelas. Serta dengan menggunakan MOODLE membuat guru dapat memantau siswa apakah sudah belajar secara online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Pemahaman Konsep Matematika Siswa, Model Pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom, MOODLE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Sendy Larinsa Clavinova |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 01:06 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 01:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1719 |
Actions (login required)
View Item |